Faktor penyebab dan cara mengatasi blog sepi pengunjung

Mungkin setiap blogger pernah mengalami penurunan pengunjung. Hal ini juga sering saya rasakan. Bayangkan saja biasanya pengunung blog saya sekitar 800/hari kemudian mengalami penurunan menjadi 300 bahkan juga pernah sampai sekitar 100/hari. Oleh karena itu saya menganalisa faktor-faktor yang menyebabkan penurunan tersebut, Hingga akhirnya saya menemukan beberapa faktor yang menyebabkan blog sepi pengunjung alias penurunan pada traffic blog. Berikut merupakan beberapa faktor yang menyebabkan blog sepi pengunjung.

Faktor penyebab dan cara mengatasi blog sepi pegunjung

Blog Masih Baru

Faktor yang pertama ini pasti dirasakan setiap blogger, karena blog baru belum memiliki peringkat di Search Engine. Faktor ini tidak perlu dikhawatirkan, sebab lambat laun pasti pengunjung akan berdatangan jika anda konsisten dalam membuat artikel serta terindexnya artikel pada blog tersebut.

Konten musiman

Contoh Misalkan anda mempunyai blog tentang seputar dunia sepak bola. Misalkan saja anda tentang pertandingan antara Real Madrid dan Barcelona. Kemudian ketika mendekati tanggal pertandingan tersebut, maka akan banyak yang mencari referensi dari blog anda. Namun ketika pertandingan telah selesai, maka otomatis pengunjung melupakan blog anda dan terjadilah blog sepi pengunjung. Nah, mungkin inilah yang disebut konten. Di mana aka nada satu waktu ledakan pengunjung, namun di lain waktu blog menjadi sepi.
Agar blog tidak sepi maka cobalah membuat blog yang tidak bersifat musiman. Karena kecil kemungkinan untuk mendapatkan pengunjung yang setia untuk mengunjungi blog tersebut. Sehingga wajar saja blog mengalami penurunan yang drastis. Pilihlah niche yang bersifat jangka panjang, dengan niche tersebut maka akan memperoleh pengunjung yang tidak bersifat musiman seperti halnya blog musiman. Tetapi jika anda bertahan dengan blog musiman, maka haruslah pintar dalam hal mempublikasikan yang pas dengan situasi.

Atikel Blog Masih Sedikit

Jumlah artikel juga mempengaruhi jumlah pengunjung. Logika sederhananya jika kita memiliki 10 artikel maka peluang/kesempatan untuk mendatangkan pengunjung hanya 10, Sehingga semakin banyak artikel pada blog maka semakin banyak pula kesempatan kita untuk mendatangkan pengunjung. Oleh karena itu, perbanyaklah artikel pada blog anda agar memperbanyak kesempatan untuk mendatangkan banyak pengunjung.

Konten kurang diminati

Konten merupakan salah satu hal yang berperan penting dalam meningkatkan pengunjung. Jika konten kurang diminati ya wajar saja kalau pengunjung blog menjadi sepi. Misalkan akan menulis trik atau informasi ini atau itu. Sedangkan yang mengetahui hal tersebut hanya anda dan beberapa orang saja. Oleh karena itu cobalah untuk membuat konten yang banyak dicari oleh lain. Anda dapat melacak di mesin pencari apa saja hal yang banyak diminati oleh lain, misalkan menggunakan google trends untuk menentukan keyword yang sedang populer saat ini.

Malas Promosi

Terkadang mungkin anda menemui sebuat situs blog atau website sederhana, yang hanya berisi beberapa konten yang juga cuma biasa-biasa saja, barangkali  juga itu hasil copy paste, namun trafik pengunjungnya banyak bahkan melebihi blog penulis aslinya . Why? di antara pemicu traffiknya, yaitu promosi blog. Oleh Karena itu, mulailah untuk mempromosikan situs/blog anda di jejaring sosial, facebook, twitter dan lain-lain.

Terakhir, Bila cara di atas telah anda lakukan, namun blog masih saja sepi pengunjung mungkin anda kurang berdo’a dan kurang beruntung :D

4 Responses to "Faktor penyebab dan cara mengatasi blog sepi pengunjung"

  1. Sebelumnya, terimakasih atas artikelnya gan, sangat membantu, nanti saya coba terapkan di blog saya :)

    Sebagai referensi, jika berkenan, silahkan baca panduan yang saya buat, berikut daftarnya:
    Cara jitu meningkatkan SERP Google dalam 1 malam
    Tips MENINGKATKAN PENGUNJUNG Blog Dalam Waktu 3 Bulan
    Mengetahui POSISI SERP Artikel Blog di Google Secara Akurat
    Cara Meningkatkan Traffic Pengunjung (Visitor) Blog - Lengkap

    Barangkali dapat membantu :)

    ReplyDelete
  2. Yang Bener Adalah Faktor Konten Yang Bagus ...
    Visit Back gan
    <a href="http://www.yoshepwebinfo.tk>Yoshep Web Info</a>

    ReplyDelete
  3. Komentar Anda sedang menunggu moderasi.
    Manthap Akhirnya Ngerti
    Kunjungi juga ya ~
    Penyebab Trafik Blog Sepi Pengunjung

    ReplyDelete