Cara Menghasilkan Tulisan/Artikel Yang Berkualitas

Banyak hal yang bisa diketahui di dunia ini lewat tulisan dalam bentuk buku dan tulisan yang terdapat di dunia maya, seperti pada blog. Namun, ketika menulis sesuatu tidak dilakukan dengan sembarangan, karena belum tentu pembaca bisa mengerti apa maksud dari tulisan tersebut. Oleh karena itu, sangat diperlukan tulisan berkualitas yang dibuat dengan cara baik dan benar agar mudah untuk diserap serta mudah untuk dipahami oleh para pembaca.


Salah satu kegiatan yang mudah dilakukan oleh semua orang adalah menulis, tetapi tidak semua orang bisa menghasilkan tulisan yang berkualitas. Jika sudah berhasil untuk membuat tulisan yang berkualitas, hal tersebut bisa menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi penulisnya. Langkah utama yang harus dilakukan adalah mencari sumber referensi yang dibutuhkan, sehingga tulisan yang akan dibuat mempunyai pembahasan yang menarik, lengkap dan mudah untuk dimengerti.
Beberapa orang mungkin beranggapan membuat tulisan yang berkualitas itu mudah untuk dilakukan. Padahal jika tidak melakukan banyak latihan, tidak bisa membuat tulisan yang berkualitas. Bagi pembaca yang ingin menghasilkan tulisan yang berkualitas, pada kesempatan kali ini akan diberikan informasi mengenai tips menghasilkan tulisan yang berkualitas. Sebagai bahan referensi, beberapa informasi di bawah ini diambil dari sumber kompasiana.com. Inilah tips menghasilkan tulisan yang berkualitas, adapun diantaranya adalah sebagai berikut :

1.      Menentukan Ide dan Opini yang Akan Dibuat
Agar mendapatkan tulisan yang  berkualitas, penulisnya harus mengetahui pengetahuan mendalam tentang ide atau opini yang akan digunakan. Untuk memperoleh ide tersebut, penulis harus banyak membaca dan menonton tayangan yang dapat memberikan pengetahuan.

2.      Gabungkan Hal-hal yang Berbeda
Untuk mendapatkan suatu bahasan yang baik, membuat tulisan berkualitas bisa dilakukan dengan cara menggabungkan hal-hal yang berbeda. Misalnya, menghubungkan kejadian masa lalu dengan masa kini. Namun, ketika ingin menghubungkan atau menggabungkan hal-hal yang berbeda dalam satu bahasan, pastikan bahwa gabungan yang digunakan saling berhubungan satu sama lainnya sehingga tercipta sebuah tulisan yang padu.

3.      Mulai untuk Menulis
Setelah menyelesaikan kedua cara tersebut, cara selanjutnya yang harus dilakukan adalah memulai untuk menulis. Ketika sudah menemukan ide dan bahasan yang akan ditulis, langsung saja tuangkan dalam bentuk tulisan. Biasanya, menunda pekerjaan menulis dapat membuat kita lupa tentang ide yang akan ditulis.

4.      Sesuaikan Gaya Bahasa Penulisan
Penulis harus mengetahui gaya bahasa penulisan apa yang akan digunakan. Gaya bahasa tersebut bisa disesuaikan dengan pembaca, jika tulisan tersebut memang diperuntukkan hanya untuk anak mudah maka bisa untuk menggunakan gaya bahasa masa kini yang terbilang gaul. Namun, jika membuat tulisan untuk dibaca semua kalangan sebaiknya gunakan gaya bahasa yang formal.

5.      Perhatikan Penulisan dan Pengunaan EYD
Akan lebih baik jika membuat tulisan yang lebih berkualitas dan lebih sempurna dengan cara memperhatikan penulisan dan penggunaan EYD. Biasanya, pembaca menjadi malas membaca tulisan dengan yang mempunyai banyak kesalahan mulai dari penulisan kalimat, kata, maupun kalimatnya. Agar tulisan menjadi lebih apik, perhatikan penulisan dan pengunaan EYD.

6.      Membuat Tulisan yang Enak Dibaca
Membuat tulisan yang berkualitas, tak hanya harus mudah dimengerti saja karena juga harus enak untuk dibaca. Tulisan yang enak untuk dibaca biasanya tidak mempunyai banyak istilah yang masih terlihat asing untuk para pembaca. Apabila ingin menggunakan istilah asing, sebaiknya cantumkan juga mengenai pengertian dari istilah asing tersebut.

7.      Baca Ulang Tulisan
Setelah dirasa cukup yakin dalam membuat tulisan berkualitas, langkah terakhir yang harus dilakukan adalah dengan membaca ulang. Dengan membaca ulang, penulis dapat mengetahui kesalahan yang terjadi dan dapat memperbaikinya sebelum dipublikasikan.
Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghasilkan tulisan yang berkualitas. Tulisan berkualitas tak hanya mudah untuk dipahami oleh pembacanya, karena tulisan yang berkualitas akan selalu terlihat menarik untuk dibaca saat melihat judulnya saja. Dengan melakukan banyak latihan dalam menulis, menulis berkualitas bukan hal yang mustahil untuk dilakukan. Sebelum mempublikasikan, disarankan untuk meminta bantuan orang lain untuk membaca dan memberikan pendapatnya terhadap tulisan tersebut.

7 Responses to "Cara Menghasilkan Tulisan/Artikel Yang Berkualitas"

  1. wah dapat di terapkan ni. makasih gan ilmunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama Gan, terima kasih kunjungannya

      Delete
  2. paling susah ketika ingin menghasilkan ide-ide brilian ke artikel agar mudah dibaca dan terkesan unik

    ReplyDelete
  3. emng susah sih, tapi harus terus belajar

    ReplyDelete
  4. thanks gan, saya coba praktekan dulu untuk membuat artikel yang berkualitas.

    ReplyDelete
  5. membuat tulisan yang enak di baca itu yang masih agak susah saya terapkan gan

    ReplyDelete
  6. Benar ni, apalagi di dalam artikel itu ada pepatah konten adalah raja.

    ReplyDelete