6 Tips memulai Usaha dengan modal yang kecil

Dewasa ini telah sama-sama kita ketahui bahwa kebutuhan hidup semakin hari semakin meningkat. Harga-harga bahan pokok pun ikut melambung tinggi mengikuti kenaikan harga bahan bakar. Menjadi pegawai pun saat ini bukanlah pilihan banyak orang lagi. Hal tersebut bukan tanpa alasan, gaji yang tidak sesuai dengan waktu bekerja merupakan alasan utama beralih untuk membuka usaha. Untuk memulai suatu usaha tentunya tidak dilakukan dengan sembarangan. Apapun bentuk bisnisnya pasti memerlukan cara agar bisnis tersebut tidak merugi.


cara memulai usaha dengan modal yang kecil

Memulai sebuah usaha tidak harus dengan modal yang besar, karena saat ini masih banyak yang sering salah tentang paradigma membuka usaha, ujung-ujungnya gagal karena terlalu memikirkan modal. Bagi calon wirausaha yang ingin memulai sebuah usaha, namun terkendala dengan modal, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat anda terapkan untuk memulai usaha:

1. Persiapakan Mental
Mental merupakan hal utama yang harus dipersiapkan seorang pengusaha. Mental pengusaha berbeda dengan pegawai. Kebanyakan dari pegawai cenderung menghabiskan gaji bulanannya. Sedangkan, pengusaha lebih memilih untuk menginvestasikan sebagian penghasilannya untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar lagi. Oleh karena itu, ketika memilih jalan untuk menjadi pengusaha maka harus memiliki mental pengusaha.

2. Percaya Pada Diri Sendiri
Kepercayaan Diri sangat penting pada saat memulai usaha sendiri, apalagi dengan modal kecil, Anda memiliki resiko kerugian yang lebih kecil tentunya. Jangan minder saat ada orang yang mengatakan bahwa usaha Anda akan gagal, karena ada sebuah pepatah yang mengatakan “sesuatu akan terlihat tidak mungkin sampai semuanya selesai”, Oleh karena itu yang harus Anda lakukan adalah terus maju sampai sukses di kemudian hari.

3. Fokus
Fokuslah terlebih dahulu pada satu bidang usaha. Diluaran sana banyak pengusaha yang gagal saat mulai berkembang, karena tidak fokus pada peningkatan bisnis awal, melainkan terlalu banyak ingin mencoba bidang usaha lain. Sebaiknya tunggulah dahulu sampai satu bidang bisnis berjalan hingga sukses. Setelah itu, barulah mengembangkan bidang bisnis yang lain.

4. Faham Bisnis
Pada dasarnya, berbisnis itu tidak sulit kok. Misalkan anda membeli barang seharga Rp. 100.000. maka menjualnya dengan harga lebih dari itu, misalnya Rp. 115.000. Intinya, dari sebuah barang, anda memperoleh keuntungan. Setelah itu, jual barang tersebut sebanyak-banyaknya. Semakin banyak barang yang laku, semakin banyak pula keuntungan yang didapatkan.

5. Mengetahui Risiko Bisnis
Dalam membangun bisnis, tentu saja ada risikonya. Namun, kalau kamu sudah mengetahui risikonya, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Semakin maju usahamu, nama baikmu semakin dipertaruhkan. Karena itu, sambil menjaga kelangsungan bisnis, kamu juga harus terus menjaga nama baikmu. Sekali saja nama baikmu tercoreng, saat itu juga usaha yang telah kamu rintis, bisa hancur berantakan.

6. Antisipasi Kegagalan
Sebesar apapun kesuksesan bisnis anda, risiko kegagalan dalam berbisnisakan selalu ada. Oleh Karena itu seorang pengusaha harus bijak dalam bertindak, apalagi jikalau melihat ada sesuatu yang tidak beres. Untuk mengantisipasi kegagalan, ambillah sebagian uang perusahaan untuk dijadikan dana back up (talangan) jika suatu ketika terjadi hal yang tidak diinginkan. Delegasikan tugas-tugas pada pegawai. Sehingga, apabila kamu berhalangan, bisnis tetap dapat berjalan. Semakin sedikit campur tangan pemilik dalam usahanya, berarti usaha tersebut semakin baik.

0 Response to "6 Tips memulai Usaha dengan modal yang kecil"

Post a Comment