Tips: Cara Menabung Ala Mahasiswa

Menabung tak hanya kegiatan yang dapat menunjang kehidupan untuk kedepannya. Menabung juga diperlukan untuk mengatasi hal-hal yang mendesak, seperti mengalami kecelakaan, membantu teman yang membutuhkan dan lain sebagainya. Untuk itulah, mengapa kita semua harus membiasakan diri untuk menabung. Bagi orang yang mempunyai gaya hidup yang boros, menabung merupakan kegiatan yang sulit untuk dilakukan.




Tak hanya bagi orang yang mempunyai kebiasaan boros saja, menabung juga akan sulit dilakukan oleh mahasiswa, terutama oleh mahasiswa perantauan yang berada jauh dari orang tua dan kerabat atau keluarga. Hal ini disebabkan karena pada awal bulan memang mereka akan mendapatkan kiriman uang di rekeningnya, entah itu kiriman dari orang tua, saudara, beasiswa atau gaji dari kerja part time. Sejumlah uang tersebut akan cepat habis jika terpakai untuk keperluan kuliah, tugas kuliah dan biaya hidup sehari-hari. Nah, bagaimana caranya agar mereka dapat menabung?
Bagi para mahasiswa, menabung tidak akan sulit untuk dilakukan jika didasari dengan niat dan tekad yang kuat. Untuk mewujudkannya, akan diberikan tips: cara menabung ala mahasiswa pada kesempatan kali ini yang beberapa diantaranya diambil dari situs idntimes.com. Inilah tips: cara menabung ala mahasiswa : 

1.      Buatlah Rincian Daftar Pengeluaran
Setelah memantapkan diri dan hati untuk menabung, langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan membuat rincian daftar pengeluaran yang sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. Buatlah anggaran tersendiri untuk jajan atau uang belanja, sehingga dapat menggunakan uang dengan lebih bijak karena tidak boleh lebih banyak dari anggaran yang sudah ditentukan.




2.      Simpan Uang Pada Tempat yang Berbeda
Agar uang yang digunakan untuk keperluan kuliah tidak tercampur atau tidak ikut terambil, simpanlah uang pada tempat yang berbeda. Seperti menyimpan uang untuk membayar kuliah di kantong dompet bagian depan dan menyimpan uang untuk membayar kos untuk kantong dompet bagian belakang.




3.      Punya 2 Rekening Bank Berbeda
Jika cara yang kedua gagal untuk diterapkan, cara berikutnya yang dapat diterapkan yaitu membuat 2 rekening di bank yang berbeda. Gunakan rekening bank pertama untuk mencukupi biaya kehidupan sehari-hari dan gunakan rekening bank kedua hanya untuk menabung. Jangan mengambil uang yang ada di rekening kedua kecuali bila terjadi hal yang benar-benar mendesak.




4.      Membuat Catatan atau Memo Pengingat
Di sebelah tempat penyimpanan uang tabungan buatlah catatan atau memo pengingat yang berisi ancaman untuk diri sendiri, agar tidak mengambil uang yang memang sengaja disisihkan untuk menabung. Sebagai contoh, memo pengingat berupa ancaman yang dapat dibuat diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Jangan terlalu banyak jajan, kalau gak pengen lari marathon setiap hari!
  • Jika tidak mengalami kiamat di akhir bulan, maka jangan membeli hal-hal yang tidak penting!
  • Pikirkan betapa sulitnya kamu untuk mendapatkan uang ini! Sekarang mau kamu gunakan begitu saja?
5.      Jangan Mudah Tergoda
Maksud dari jangan mudah tergoda di sini adalah, jangan mudah tergoda untuk membeli barang-barang yang tidak seberapa penting seperti tas atau sepatu keluaran terbaru, jika tas atau sepatu lama masih dalam kondisi baik dan masih dapat digunakan. Untuk menghindari hal ini, jangan pikirkan gengsi dan jangan meniru gaya hidup orang lain yang sering menggunakan barang-barang baru.



Ingatlah bahwa waktu akan selalu berjalan, apabila tidak menabung mulai dari sekarang apa yang bisa digunakan untuk merintis masa depan? Sebagai mahasiswa yang akan lulus menjadi sarjana tentu kita sudah mempunyai banyak rencana atau planning untuk kedepannya. Namun, bagaimana jika semua rencana atau planning yang telah dirancang jauh-jauh hari musnah begitu saja karena faktor biaya? Oleh karena itu, mulailah melakukan kegiatan menabung dan kurangi kebiasaan belanja serta jajan secara berlebihan. Akan tetapi, bagaimana jika untuk mahasiswa yang mempunyai penghasilan kecil? Untuk menjawabnya, pasti mahasiswa tersebut sudah mengetahui bagaimana sulitnya mencari yang sehingga mereka menjadi lebih bijak dalam mengatur uang untuk kehidupan sehari-hari. Dengan tekad dan niat yang kuat, perlahan-lahan kebiasaan menabung akan menjadi sebuah kebiasaan yang rutin untuk dilakukan.

2 Responses to "Tips: Cara Menabung Ala Mahasiswa"

  1. Thanks share tipsnya ,walaupun saya bukan mahasiswa tapi saya akan coba terapkan

    ReplyDelete