Definisi Enterprise Resources Planning (ERP)

ERP merupakan singakatan dari tiga suku kata yaitu Enterprise, Resources, dan Planning. Dalam bahasa Indonesia, Enterprise berarti organisasi atau perusahaan, Resources berarti sumber daya, dan Planning berarti perencanaan. 
Sedangkan jika didefinisikan secara konseptual, Enterprise merupakan sekelompok orang yang mempunyai tujuan tertentu dan mempunyai sumber daya untuk mencapai tujuan tersebut. Kata Resource, dapat didefinisikan sebagai sumber daya. Dalam kaitannya dengan Enterprise, Resource ini dapat berupa asset perusahaan yang meliputi asset keuangan, sumber daya manusia, konsumen, supplier, order, teknologi, dan strategi. Jadi sebenarnya kata Resource ini adalah semua hal yang bisa dikelola dan dimanfaatkan oleh Enterprise untuk mencapai tujuannya (keuntungan). Sedangkan kata Planning didefinisikan sebagai suatu konsep perencanaan atau strategi yang dipakai untuk mengoptimalkan Resource yang ada sehingga tujuan Enterprise bisa tercapai.
Secara keseluruhan kata yang lebih menggambarkan tujuan dari ERP adalah Enterprise yaitu bagaimana caranya mengintegrasikan semua department dan fungsi-fungsi yang ada kedalam satu system yang terkomputerisasi dan dalam satu database sehingga akan lebih mudah menshare informasi dan mengkomunikasikannya dari satu department ke department yang lainnya sesuai dengan kebutuhan.
Pendapat para ahli mengenai ERP:
  • Menurut O’Leary 2000: ERP merupakan software information system berbasis komputer yang dirancang untuk mengolah dan memanipulasi suatu transaksi di dalam organisasi dan menyediakan fasilitas perencanaan, produksi dan pelayanan konsumen yang real-time dan terintegrasi.
  • Menurut Lean, 2005: ERP merupakan teknik dan konsep yang diterapkan untuk mengintegrasikan manajamen proses bisnis sebagai sebuah kesatuan. Dilihat dari sudut pandang keberhasilan manajemen penggunaan sumber daya, ERP bertujuan untuk meningkatkan ketepatgunaan dari sebuah perusahaan.
  • Menurut Roby dkk, 2009: ERP merupakan sistem informasi yang mendefinisikan dan merencanakan sisi sumber daya yang dibutuhkan perusahaan untuk mengintegrasikan semua fungsi bisnis yang ada agar dapat lebih responsif terhadap berbagai kebutuhan.


0 Response to "Definisi Enterprise Resources Planning (ERP)"

Post a Comment