Sejarah Berkembangnya Enterprise Resources Planning (ERP)

Dewasa ini perkembangan dunia bisnis mendorong pelakunya untuk memikirkan cara-cara agar bisnis yang dijalaninya mencapai tingkat efisiensi yang maksimal. Tingkat efisiensi yang maksimal akan didapat jika management yang digunakan dalam pengelolaan bisnis tersebut dilakukan secara professional dan proporsional.

Dalam bahasa manajemen dikenal fungsi dan definisi manajemen yang terangkum dalam empat suku kata yaitu Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling. Tanpa mengabaikan arti yang lainnya, dari keempat suku kata tersebut ada dua yang sangat menentukan tingkat keberhasilan sebuah manajemen yaitu Planning dan Controlling. Planning merupakan sebuah upaya menyusun strategi atau rencana sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai. Tahapan ini harus diproses dan dipikirkan secara matang karena ini akan menjadi sumber pijakan bagi semua tahapan yang lainnya. Sedangkan Controlling didefinisikan sebagai sebuah upaya untuk memonitoring proses bisnis sehingga semua proses yang terjadi sesuai dengan rencana dan aturan yang berlaku sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.

Sedangkan dari kedua kata terpenting itu, kata Planning merupakan kata yang paling penting karena merupakan tahapan yang menjadi sumber bagi tahapan yang lainnya. Dalam pengembangan management, fungsi Planning ini mengalami perubahan yang sangat signifikan. Menurut Indradjit dan DjokopranoTo, perubahan tersebut dapat dilihat dari dua sudut pandang yaitu sudut pandang pertama adalah fungsi perencanaan dalam kepentingan suatu entitas atau perusahaan, dan yang kedua integrasi fungsi perencanaan dalam berbagai bagian di perusahaan.

Perencanaan merupakan akvititas kompleks yang tidak dapat secara mudah diatur dengan suatu prosedur kuantitatif tertentu. Esensi perencanaan ialah pengorganisasian, dengan disiplin tertentu, tugas-tugas utama yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk memelihara efisiensi dalam lingkungan bisnis yang sedang berjalan dan memandu perusahaan untuk masa datang yang baru dan lebih baik. Sistem perencanaan harus berhadapan dengan dua dimensi yang berhubungan, yaitu menanggapi perubahan lingkungan eksternal dan secara kreatif memanfaatkan sumber daya internal untuk memperbaiki posisi kompetitif dari perusahaan. Cara untuk mengenal tantangan dan pengembangan perencanaan ialah dengan mengenal perkembangan evolusif selama tiga dekade terakhir dalam hubungan dengan kepentingan perusahaan, yaitu dari perencanaan biasa ke perencanaan strategis perusahaan. Ada lima tahapan dalam evolusi pemikiran perencanaan dilihat dari sudut pandang ini, yaitu :
  • Penganggaran dan pengawasan keuangan.
  • Perencanaan jangka panjang.
  • Perencanaan strategi bisnis.
  • Perencanaan strategi korporat.
  • Manajemen strategi.


0 Response to "Sejarah Berkembangnya Enterprise Resources Planning (ERP)"

Post a Comment